| |

Ceramah Seks

Ceramah seks merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 2 Surabaya. Di masa pandemi ini sekolah tetap berupaya memberikan ceramah seks melalui Zoom yang dipimpin langsung oleh Ibu Niken Mahendra selaku narasumber pada tanggal 10 Desember 2020 yang diikuti oleh seluruh siswa yang dibagi dalam dua sesi secara antusias. Membicarakan masalah seksualitas di negara Indonesia merupakan hal yang tabu. Hal tersebut disebabkan perihal budaya kita yang menganut adat ketimuran. Meski begitu banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika memberikan pendidikan seks kepada anak sejak dini.

ceramah_seks_01.jpgceramah_seks_02.jpgceramah_seks_03.jpgceramah_seks_04.jpg
 

Pada anak SMA yang baru saja mengalami masa pubertas dan masih mencari jati diri, masa-masa berontak dan ingin mengetahui banyak hal, tentu harus diarahkan supaya tidak terjerumus hal-hal yang negatif nantinya. Diharapkan lebih terbukanya pikiran anak terhadap topik yang berkaitan dengan masalah seksual sehingga mereka tidak akan malu membicarakan masalah seksual, terlebih jika mereka ingin menanyakan hal yang privat terhadap orang tuanya sehingga hal ini dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu peran dari jenis gender juga harus dipahami, karena memberikan memberikan pendidikan seks terhadap anak tentunya akan membuat anak tersebut mengerti akan peran yang akan dilakukan. Seperti anak perempuan misalnya, ia akan tumbuh menjadi anak perempuan yang sesungguhnya.

Tidak kalah penting anak bisa menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat, seperti mencari tahu sendiri masalah seksualitas melalui teman, komik, video atau media lainnya yang berbau seks, maka dari itulah diberikan pendidikan seks. Selain itu pentingnya menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas di kalangan remaja, seperti bahaya akan tertular penyakit kelamin dan HIV/AIDS. Dengan memberikan pengetahuan ini akan membuat anak mengerti tentang perubahan yang terjadi pada bagian tubuh terutama organ sensitif. Dengan begitu mereka tidak akan kaget, bingung, dan takut untuk menghadapinya sehingga percaya diri akan timbul jika seorang anak nyaman dengan bentuk dan bagian-bagian tubuhnya dan dapat mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Acara ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi untuk siswa putra dan sesi untuk siswa putri. Diadakan secara terpisah supaya para siswa tidak merasa malu untuk membicarakan hal-hal yang berbau seksualitas. Dan ternyata hal ini sangat efektif karena para siswa banyak yang bertanya saat sesi tanya jawab dibuka. Dengan adanya acara ceramah seksualitas ini diharapkan para siswa bisa mendapatkan informasi yang benar dan menjaga dirinya serta kekudusan hidupnya.

Ceramah Raise

Pada tanggal 4 Desember 2020, SMA Kristen Petra 2 mengadakan acara ceramah RAISE untuk para siswa secara daring. RAISE singkatan dari Respect, Advance, Internalize, Share, dan Empower yang merupakan aspek untuk membangun budaya Petra yang kuat dan positif. Dalam setiap nilai RAISE terdapat penjabaran-penjabaran yang tentunya dilandasi oleh ajaran Alkitab yang harus dihidupi oleh semua warga PPPK Petra dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Setelah Bapak/Ibu Guru Karyawan mendapatkan pengetahuan tentang RAISE, saatnya Bapak/Ibu dapat mengenalkan nilai-nilai RAISE kepada setiap siswa melalui ceramah yang dipimpin oleh Wali Kelas melalui Zoom.

 
pelatihan_raise_2.jpgpelatihan_raise_4.jpgpelatihan_raise_3.jpgpelatihan_raise_1.jpg

Pada nilai Respect diharapkan siswa bisa respek kepada sesama, ciptaan Tuhan (kelestarian alam), serta untuk bangsa dan Negara. Kemudian pada nilai yang kedua adalah Advance setiap siswa diharapkan bisa menunjukkan adanya kemajuan, baik berupa keterampilan, ilmu pengetahuan, maupun pada kedewasaan sikap kita dengan memperhatikan potensi diri, sikap kritis & proaktif, dan proses berkarya. Untuk nilai Internalize yang merujuk pada diri sendiri, diharapkan siswa dapat menghayati firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk nilai yang keempat adalah Share, siswa diharapkan bisa berbagi kabar sukacita tentang kasih anugerah Tuhan, ilmu pengetahuan, dan ilmu yang kita miliki kepada sesama. Nilai yang terakhir adalah Empower, siswa diajarkan bukan hanya diri sendiri yang berkembang, melainkan melalui diri sendiri dan juga dapat memberi dampak kepada orang lain untuk berkembang.

Pada kegiatan akhir ceramah, siswa diminta untuk merefleksikan sejenak dan mengisi komitmen apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan dalam menghidupi nilai-nilai RAISE. Banyak siswa yang merasa akan susah jika menjalankan nilai-nilai tersebut, tetapi setidaknya mereka mau belajar nilai-nilai RAISE melalui hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Persekutuan Doa Online

Sebagai orang beriman yang senantiasa mengandalkan tuntunan dan penyertaan Tuhan dalam setiap tugas dan tanggung jawab di SMA Kristen Petra 2 Surabaya, selain meningkatkan kompetensi sebagai guru dan karyawan, kita juga harus selalu meningkatkan kebutuhan rohani untuk iman kita. Oleh karena itu pada hari Senin, 30 November 2020 pukul 18.00 diadakan Persekutuan Doa Online Keluarga Besar PPPK Petra.

pd online 01

Tema dari Persekutuan Doa ini  adalah “Kuberikan yang Terbaik” dibawakan oleh Pendeta Wahyu Pramudya, yang dilaksanakan daring melalui media youtube. Guru dan karyawan dapat mengikuti persekutuan doa dengan mengakses tautan/ link yang sudah dibagikan sebelumnya, sehingga bapak ibu guru dan karyawan dapat mengikuti persekutuan doa dari rumah masing-masing.

pd online 02

Meskipun dalam keadaan pandemi kami tetap berupaya untuk melaksanakan persekutuan doa dengan baik melalui media daring. Persekutuan doa ini dilaksanakan dengan kesederhanaan namun banyak guru dan karyawan yang merasakan keteduhan hati.

pd online 03

Memperingati Hari Pahlawan

 
hari_pahlawan_10.jpghari_pahlawan_8.jpghari_pahlawan_2.jpghari_pahlawan_7.jpghari_pahlawan_5.jpghari_pahlawan_1.jpghari_pahlawan_6.jpghari_pahlawan_3.jpghari_pahlawan_9.jpghari_pahlawan_4.jpg

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu mengingat kondisi masih belum memungkinkan karena pandemi masih terus berlanjut. Meskipun peringatan pada tahun ini diikuti secara virtual, namun tidak menghalangi kreativitas, bakat, dan talenta mereka masing-masing dari rumah. Diawali dengan Upacara Pelantikan OSIS SMA Kristen Petra 2, dilanjutkan dengan kegiatan senam dari rumah masing-masing dan peragaan kostum Pahlawan.

Setelah siswa mengikuti dan menyaksikan video Pelantikan Pengurus OSIS, siswa bersama Wali Kelas dan Mentor melakukan senam bersama secara online dipandu oleh Bpk. Diego Satriawan, S.Pd. dan Ibu Maria Susanti, S.Or. sebagai guru Penjasorkes melalui video senam dan semua siswa mengikuti dari rumah masing-masing. Kemudian siswa yang sudah mempersiapkan kostum spesial memperingati Hari Pahlawan, seperti menggunakan pakaian adat, pakaian ala pahlawan masa kini (seperti tenaga pendidik, tenaga medis, dokter, dan lain-lain). Setiap siswa diminta untuk menjelaskan atau presentasi singkat mengenai kostum yang dipakai dan apa makna mereka menggunakan kostum tersebut.

Diharapkan melalui peringatan Hari Pahlawan 10 November siswa dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Di masa pandemi ini, siswa juga dapat memaknai akan pentingnya keberadaan pahlawan masa kini yang berjuang melawan Covid-19.

Pembentukan Pengurus Osis

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan sebuah kelompok organisasi yang terbentuk dalam lingkup sekolah dengan tujuan untuk mencapai raihan dan keterampilan tertentu serta memupuk nilai organisasi dan musyawarah melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh OSIS. OSIS mempunyai tugas untuk mengendalikan aktivitas siswa agar mencapai tujuan yang positif. Siswa yang tergabung dalam bagian OSIS selanjutnya disebut sebagai pengurus OSIS memiliki tugasnya masing-masing mengingat adanya spesifikasi bidang jabatan yang diembannya. Selain pengurus OSIS, guru juga bertanggung jawab menjadi pembina organisasi ini dengan tugas mengawasi jalannya kepengurusan agar lebih terarah melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan pengurus OSIS.

pembentukan osis SMA2 1

Pada prinsipnya, siapapun bisa menjadi pengurus OSIS. Namun, karena menjadi pengurus OSIS memiliki beban tersendiri, maka terdapat proses seleksi atau rekrutmen untuk menentukan siswa yang akan menjadi pengurus OSIS. Pada umumnya struktur OSIS adalah Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, dan Ketua Seksi Bidang. Kepengurusan OSIS haruslah mengalami pergantian setiap tahun ajaran guna regenerasi.

pembentukan osis SMA2 2

OSIS SMA Kristen Petra 2 mengadakan proses rekrutmen secara online melalui Zoom bersama dengan pembina OSIS serta Bapak/Ibu Guru yang berkompeten dalam bidang organisasi sejak 9 September – 10 November 2020 dengan rincian sebagai berikut.

  • Technical Meeting yang diikuti oleh calon pengurus OSIS.
  • Pengumpulan essai dan video singkat mengenai isi essai yang berkaitan dengan organisasi.
  • Wawancara yang diikuti calon pengurus OSIS yang dibagi dalam 2 tahap.
  • Penetapan pengurus OSIS dan penentuan Calon Ketua OSIS yang.
  • Proses wawancara beberapa Calon Ketua OSIS.
  • Pengumuman terpilihnya Calon Ketua OSIS yang kemudian setiap calon membuat video orasi.
  • Pemutaran video orasi masing-masing calon di setiap kelas.
  • Pemilihan Ketua OSIS melalui
  • Pelantikan Ketua OSIS yang diadakan bertepatan dengan Hari Pahlawan.

pembentukan osis SMA2 3

pembentukan osis SMA2 4

Diharapkan melalui kepengurusan OSIS SMA Kristen Petra 2 yang baru, setiap anggota dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pengurus OSIS dengan mengutamakan pelayanan berlandaskan kasih.

boost the values reap the success