| |

Kegiatan Pramuka dan Kompas Generasi Baru (KGB)

Pada hari Selasa, 11 Juni 2019, SMA Kristen Petra 2 mengakhiri kegiatan-kegiatan akhir semester genap. Kegiatan-kegiatan ini berlangsung selama 6 hari. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut ialah Pramuka, Kompas Generasi Baru (KGB), art and charity, bazaar, motivasi dari alumni, perpisahan kelas, kebaktian akhir tahun, dan kerja bakti. Namun, sekarang kami akan menceritakan 2 kegiatan dari 8 kegiatan yang ada, yaitu Pramuka dan KGB. Sebelum itu, mari kita bersama-sama mengenal terlebih dahulu apa itu pramuka?

IMG 6815

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Sebelum singkatan Pramuka ditetapkan, kata Pramuka diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Nama organisasi pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia adalah Gerakan Pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka Indonesia didirikan pada 14 Agustus 1961 dan dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional, yang saat ini dijabat oleh Budi Waseso. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

IMG 6706

Kegiatan Pramuka SMA Kristen Petra 2 diadakan pada tanggal 11 Juni 2019 untuk kelas 10, dan tanggal 12 Juni 2019 untuk kelas 11. Kegiatan ini diawali dengan senam dengan menggunakan lagu Gemu Famire ( Maumere ). Instruktur senam kami pada pagi hari itu adalah bapak dan ibu guru SMA Petra 2. Kegiatan senam ini dinilai sangat bermanfaat bagi tubuh. Pertama, senam ini mampu membuat tubuh mejadi lincah dan tidak kikuk. Kedua, melatih koordinasi indera pendengaran dan gerakan sehingga sinkron dan terlihat menarik dilihat.

IMG 6702

Setelah kami melakukan senam, kami melakukan latihan baris berbaris. Latihan baris berbaris bermanfaat untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, serta rasa persatuan dan disiplin. Lalu kami beristirahat sejenak dan melanjutkan kegiatan Pramuka di dalam kelas bersama teman-teman kami. Kegiatan Pramuka di mulai dengan sebuah permainan sederhana dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang sandi semaphore, sandi morse, dan simpul. Adapun manfaat dari mempelajari sandi Pramuka adalah koordinasi antar anggota regu, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kecerdasan, sarana belajar anggota pramuka untuk menyelesaikan masalah, dan sarana permainan dalam kepramukaan.

IMG 6697

IMG 6684

Dari  penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Pramuka memiliki banyak manfaat bagi diri kita pribadi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual, dan fisiknya.

Pada hari berikutnya, tepatnya Rabu, 12 Juni 2019. Kegiatan yang dilakukan adalah Kompas Generasi Baru. Pada kegiatan ini kami melakukan game Pendidikan Karakter dan kompas, serta pemaknaannya. Kami mengikuti berbagai macam game dengan antusias. Sebelum kami memulai game, kami bernyanyi bersama dan dilanjutkan dengan bermain game. Game pertama yang dilakukan adalah game Tarzan, wanita, dan harimau. Pada game ini diharuskan semua anggota kelompok memiliki jawaban yang sama antara Tarzan, wanita, atau harimau. Dari game ini, diperlukan kekompakan dalam menjawab jawaban. Lalu, dilanjutkan dengan game ‘Sekarang Jadi Apa?’ Pada game ini satu kelompok diharuskan memiliki jawaban yang sama dan harus dengan cepat melanjutkan lagu dari kelompok lawan sehingga menjadi kalimat yang utuh. Game ini mengajarkan solidaritas dan ketanggapan dalam berpikir.

IMG 6611

Kami melanjutkan dengan game memindahkan gelas dengan dahi dan membentuk piramida dengan dahi. Game ini mengajak setiap kita untuk bersabar, tekun, kerja sama, dan fokus dalam melakukan sesuatu. Setelah itu, kami beristirahat dan lalu, kami memainkan game memindahkan karet dengan sedotan dan naga. Kedua game ini memiliki pesan yang hampir sama dengan game sebelumnya, yaitu solidaritas, sportivitas, dengar-dengaran, penguasaan diri, sabar, dan tekun.

IMG 6638

Kegiatan-kegiatan diatas memiliki banyak manfaat dan banyak meninggalkan pesan yang berguna bagi kehidupan setiap kita di masa kini dan masa mendatang.

IMG 6639

Nethania Sinaga XA4

boost the values reap the success