| |

Maprada dan Kemerdekaan

IMG 4115

Tujuh belas Agustus tahun empat lima... sering kali kita mendengar lagu itu di bulan Agustus, bulan kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan yang dulu memperjuangkan kemerdekaan melawan dan mengusir penjajah, mengibarkan bendera merah putih kebanggaan kita. Tentunya kita harus menghargai jasa pahlawan yang sudah gugur mendahului kita, selain mengadakan upacara bendera di tanggal 17 Agustus, sering diadakan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI ke 74, seperti yang dilakukan warga SMA Kristen Petra 2.

 

Pagi yang cerah di tanggal 16 Agustus 2019, diadakan senam bersama seluruh kelas X, XI, XII. Setelah itu, diadakan berbagai acara maupun lomba-lomba untuk memperingati HUT RI ke 74. Paling ditunggu dan paling seru, lomba tarik tambang, menjadi salah satu lomba yang banyak ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena sangat iconic dengan lomba-lomba kemerdekaan. Selain itu, ada lomba balap bakiak, tampah, dodgeball dan yang menjadi agenda setiap tahun, ada Maprada Got Talent sebagai ajang menunjukan bakat siswa Maprada.

Menurut Pak Yovan sebagai guru Pendidikan agama Kristen, kesadaran akan nasionalisme di era sekarang ini makin tergerus, dan diharapkan melalui lomba-lomba tersebut bisa menambah kesadaran akan nasionalisme siswa, sayangnya tidak semua siswa bisa mengikuti lomba-lomba tsb. Selain itu dari sudut pandang lain, dari siswa “ Lomba ini cukup berkesan bagi saya, selain dapat bekerja sama dengan teman, lomba ini juga bisa membuat kita lebih menghargai kebersamaan dengan teman-teman, jarang-jarang ada lomba seperti ini, sekali dalam setahun.” kata Anthony Agus kelas XII Ipa 5 yang berhasil menjuarai lomba tarik tambang bersama kelompok kelasnya.

Di hari berikutnya,pada tanggal 17 Agustus 2019 diadakan upacara bendera yang diikuti oleh siswa SMP Petra 3 kelas IX, dan siswa SMA Petra 2 kelas X, dan kelas XI. Petugas upacara dari OSIS menyiapkan barisan dan memulai upacara. Pasukan Pengibar Bendera dari OSIS menunjukan formasi mereka yang sudah mereka latih sebelumnya, diiringi lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Paduan Suara dari The Phoenix Choir. Setelah itu ada sambutan dari Ibu Cahyo selaku kepala sekolah SMA Petra 2 sekaligus pembina upacara. Walaupun jatuh di hari Sabtu, siswa Maprada tetap meluangkan waktu mereka untuk datang dan menghadiri upacara bendera di sekolah. Setelah upacara berakhir, para siswa langsung diperbolehkan untuk pulang.

Begitulah keseruan Maprada ikut serta merayakan HUT RI ke 74. Tetap tinggikan sifat nasionalisme kita, karena melawan penjajah tidaklah mudah. Jangan biarkan Indonesia dijajah kembali. Salam Merdeka!!

By : Enrique Carlos XI IPS-3

boost the values reap the success