| |

Karya Wisata

Pada tanggal 10 Desember 2019, siswa-siswi SMA Kristen Petra 2 kelas XI IPA melakukan kegiatan karya wisata ke Taman Safari Indonesia II yang terletak di Prigen, Pasuruan. Sebelum berangkat, kami berkumpul di sekolah terlebih dahulu pada pukul 06.30 WIB dan masuk ke kelas kami masing-masing untuk mendengarkan instruksi dari bapak-ibu guru yang turut mendampingi kami. Kemudian, pada pukul 08.00 WIB, kami pun memulai keberangkatan ke Taman Safari dengan menaiki bus. Perjalanan dari Surabaya ke Taman Safari memakan waktu sekitar dua jam perjalanan.

 
P_20191210_150817_vHDR_On_HP.jpg20191210_151015.jpgP_20191210_150750_vHDR_On_HP.jpg20191210_151709_resized.jpg

Kami sampai ke tempat tujuan sekitar pukul 10.00 WIB. Sesampainya di Taman Safari, kami diberi tiket masuk berupa gelang kertas yang harus dipakai di pergelangan tangan. Sebelum masuk ke dalam, kami diberi kesempatan untuk ke toilet dan melihat-lihat pemandangan terlebih dahulu. Setelah itu, kami masuk ke bus masing-masing dan memulai perjalanan Safari Adventure dimana kami diajak berkeliling dan melihat-lihat berbagai macam hewan yang hidup dan tinggal di kawasan tersebut menggunakan bus yang kami gunakan sebelumnya. Selama mengikuti Safari Adventure, kami didampingi oleh seorang guide yang memandu sekaligus memberikan penjelasan agar kami dapat mengetahui lebih lanjut tentang hewan-hewan yang ada di Taman Safari. Di kawasan Safari Adventure, binatang-binatang dari berbagai kawasan di dunia dibiarkan hidup bebas di ekosistem yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Mulai dari kalkun, beruang coklat, harimau benggala, orang utan kalimantan, gajah sumatra, banteng jawa, dan berbagai hewan lainnya dapat kami amati sepanjang perjalanan. Kami tidak perlu khawatir terhadap hewan-hewan tersebut karena pihak pengelola telah memberikan pembatas keamanan agar beberapa hewan tidak terlalu dekat ataupun membahayakan pengunjung.

Setelah melewati Safari Adventure, bus kami berhenti di lapangan parkir yang telah disiapkan dan kami diturunkan di kawasan rekreasi untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Tak lupa kami mengabadikan foto bersama dengan masing-masing kelas terlebih dahulu di depan pintu masuk kawasan rekreasi. Setelah itu kami segera mengikuti arahan petugas dan menuju ke tempat atraksi gajah. Sayangnya, kami tidak sempat melihat keseluruhan atraksi tersebut karena kami datang terlambat dan hanya dapat melihat bagian akhir pertunjukkan saja. Kemudian, kami pun makan siang bersama untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Seusai makan siang, kami berjalan kaki menuju ke kawasan Australiana. Di kawasan ini kami dapat melihat-lihat fauna khas Benua Australia, salah satu contohnya yaitu, walabi dan kangguru.

Kegiatan kami selanjutnya adalah melihat atraksi lumba-lumba. Kami semua duduk di podium bertingkat dan menikmati atraksi yang lucu dan menarik dari mamalia laut tersebut. Tidak hanya lumba-lumba, pada atraksi tersebut juga terdapat pertunjukkan berang-berang dan anjing laut yang telah dilatih oleh pelatih khusus untuk menampilkan atraksi menarik, seperti memasukkan bola ke dalam ring basket, berjalan di atas tabung yang menggelinding, dan tarian anjing laut bersama pelatihnya. Di sini, kami juga dapat memberikan bantuan berupa dana konservasi untuk membantu upaya konservasi mamalia laut lainnya.

Kemudian, kami berpindah ke tempat pertunjukkan aneka satwa. Di tempat ini, terdapat pertunjukkan drama oleh berbagai macam hewan dan beberapa orang yang turut ambil bagian dalam drama tersebut. Dalam pertunjukkan ini terdapat aksi dari anjing pudel, kucing, orang utan, dan burung kakaktua yang bekerja sama untuk mengusir pemburu dari wilayah mereka. Pertunjukkan drama ini memberikan pesan kepada para penonton untuk menjaga alam beserta isinya agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya di masa yang akan datang. Kami sangat terhibur dengan oleh aksi-aksi lucu dari para pemeran drama tersebut.

Selanjutnya, kami menuju kawasan Baby Zoo dan melihat atraksi harimau putih. Dari atraksi tersebut, kami dapat melihat keahlian harimau putih dalam melompat, memanjat pohon dan menangkap mangsa. Kemudian, kami berjalan menuju ke Aquatic World. Di sini, kami bisa melihat berbagai jenis penguin, anjing laut, dan berang-berang. Terdapat pula kawasan khusus reptil, dimana kami dapat melihat berbagai jenis ular, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar, dan juga terdapat hewan-hewan sejenis kadal. Kemudian dilanjutkan dengan melihat-lihat Taman Burung. Di sini terdapat berbagai jenis burung berwarna-warni yang memiliki rupa yang menarik. Barulah kemudian kami sampai di tempat yang khusus digunakan untuk berfoto dengan hewan-hewan yang ada di Taman Safari, yaitu, orang utan, harimau sumatra, dan lain-lain yang dipungut biaya tambahan. Dalam berfoto, kami tidak perlu takut terhadap hewan-hewan tersebut karena terdapat petugas yang ikut menjaga keamanan dan memberikan instruksi dalam berfoto.

Setelah itu, tak terasa waktu sudah menjelang sore dan kami pun sudah sampai di penghujung kegiatan karya wisata di Taman Safari ini. Setelah puas berfoto dan menikmati pesona hewan-hewan di Taman Safari, kami kembali ke bus masing-masing dan melakukan perjalanan pulang ke Surabaya. Sekitar pukul 17.30 WIB, kami telah sampai kembali ke sekolah kami. Hari ini memang terasa melelahkan, tapi di sisi lain, kami juga merasa senang karena bisa mendapatkan pengalaman baru dan menikmati kebersamaan bersama teman-teman kami di penghujung semester I ini.  Melalui kegiatan karya wisata ini, kami belajar banyak hal dan semakin menyadari betapa agungnya Sang Maha Kuasa yang telah menciptakan alam beserta isinya. Sudah selayaknya kita turut menjaga dan melindungi alam, serta melestarikan ciptaan Tuhan ini agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di masa depan.Dibuat Oleh : Eillen Theodora, XI A-3 / 10.

boost the values reap the success