| |

Art and Craft

art_craft_02.jpgart_craft_01.jpgart_craft_03.jpg

Selain kemampuan dalam bidang akademik, tentunya kita sebagai manusia juga membutuhkan kemampuan dalam bidang keterampilan atau non-akademik. Melihat bahwa keterampilan non-akademik tersebut juga sangat diperlukan, SMA Kristen Petra 2 pun membekali setiap siswanya dengan mengadakan program ELS ( Excellent Life Skill).

Salah satu program ELS yang diberikan adalah kelas Art and Craft. Selama satu semester, para siswa diajarkan untuk mengasah kemampuan berkreasi serta menghasilkan barang-barang seni handmade yang bermanfaat dan memiliki nilai tambah.

Bekerja sama dengan pihak dari provider yang ahli dibidangnya, setiap seminggu sekali para siswa diajak untuk bersama-sama membuat berbagai barang kesenian. Setelah dijelaskan tentang alat dan bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya, para siswa didampingi untuk melakukan pengerjaan dari persiapan hingga selesai.

Barang seni yang dihasilkan pun bermacam-macam. Mulai dari membuat clay, batik, glass painting, taman air terjun dalam gentong, souvenir fiber glass, dan lain-lain. “Dengan adanya ELS mengenai glass painting, setiap siswa dapat mengetahui bagaimana cara mengubah benda yang sederhana menjadi sesuatu yang lebih menarik, bahkan memiliki nilai yang lebih. Melalui ELS ini, kami diajari dasar teknik melukis/mengecat dan menghias sebuah barang menjadi lebih indah.”, ujar Michelle Christiena dari kelas XIA5. Belum lagi untuk batik, kami diajari mulai mendisain kain, melukisinya melakukan pewarnaan, pencucian sampai terbentuk kain batik yang indah. Seorang siswa bernama Chiquita Kezia Emerita kelas XIA-5/6 mengatakan “Kami dapat mengetahui alat, bahan, dan cara membatik dengan benar selain itu kami juga dapat mengembangkan imajinasi dan ketrampilan kami serta lebih dapat menghargai batik sebagai warisan budaya tradisional Indonesia.”

Terima kasih untuk sekolah yang sudah memberi kesempatan kami memperoleh pelajaran ELS Kiranya dengan mengikuti program ELS Art and Craft ini setiap siswa bisa semakin mengembangkan skill-nya terutama dalam bidang kesenian.

boost the values reap the success