| |

Upacara Sumpah Pemuda

Upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini kembali diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi pandemi yang masih terus berlanjut. Siswa dan Bapak/Ibu Guru tetap mengikuti upacara menggunakan seragam lengkap melalui Zoom. Meskipun dilakukan secara virtual, siswa tetap mengikuti upacara secara khidmat. Ibu Dra. Cahyo Fajariati, M.Pd. selaku pembina upacara juga menyampaikan amanat upacara dan pesan-pesan untuk tetap memaknai Hari Sumpah Pemuda di masa pandemi ini.

a2 sp01 1

Hari Sumpah Pemuda di peringati pada tanggal 28 Oktober. Tema Sumpah Pemuda 2021 yang ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah Bangsa Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

a2 sp01 1

Sumpah pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

a2 sp01 1

Student Leadership Camp (SLC) Tanggal 22-23 Oktober 2021

Student Leadership Camp (SLC) merupakan kegiatan pembekalan kepemimpinan siswa-siswi SMA Kristen Petra 2 Surabaya sebelum terjun ke dalam organisasi-organisasi yang terdapat di sekolah. SLC ini dilaksanakan secara online melalui Zoom mengingat kondisi pandemi yang belum memungkinkan siswa dapat berkumpul untuk melakukan kegiatan bersama. Kegiatan ini sudah terlaksana pada tanggal 22-23 Oktober 2021 dengan tema “Semangat Pancasila”. Sebanyak 55 siswa yang merupakan anggota dari OSIS dan Persekutuan Siswa mengikuti kegiatan ini.

 
a2-slc02_5.jpga2-slc04_3.jpga2-slc01_6.jpga2-slc05_2.jpga2-slc06_1.jpga2-slc03_4.jpg

Di hari pertama, yaitu 22 Oktober 2021 SLC dimulai pukul 07.00-11.35 dengan diisi beberapa kegiatan tentunya berkaitan dengan kepemimpinan yang berdasarkan Pancasila. Kegiatan diawali dengan renungan pagi yang dipimpin oleh Bapak Dwi Reno Pradipto, S.Si. Teol selaku Pembina PS. Kemudian dilanjutkan dengan materi Wawasan Kebangsaan yang mengajarkan tentang Kepemimpinan Pancasila di tengah keberagaman yang dipimpin oleh Dr. Ahhmad Z. Hamdi, M. Ag. Tidak kalah penting siswa juga diajarkan tentang materi Kepemimpinan Rohani Semangat Pancasila yang dipimpin oleh Pdt. Firmanda Tri Permana, S.Si.Teol yang bertujuan mengetahui arti dan praktek kepemimpinan rohani di dalam hubungannya dengan Pancasila, membangun kepemimpinan rohani dengan semangat Pancasila, memiliki dasar Alkitab untuk hidup di dalam semangat Pancasila, menghidupi karakter Kristiani sebagai pemimpim dan peka terhadap pergumulan di sektor kehidupan sosialnya.

Pada hari kedua tanggal 23 Oktober 2021, kegiatan ini di mulai pukul 07.00-13.00 WIB diisi dengan materi program sekolah dan  RAISE yang dipimpin oleh Ibu Dra. Cahyo Fajariati, M.Pd. selaku Kepala Sekolah yang menyampaikan mengenai visi misi sekolah, program-program yang ada di SMA Kristen Petra 2, serta mengajarkan bagaimana menghidupi nilai RAISE (Respect, Advance, Internalize, Share, dan Empower) dalam kehidupan berorganisasi. Kegiatan selanjutnya anak diajak untuk sharing mengenai seputar organisasi yang di sampaikan oleh Bapak Yovan Afoan Fay, S.Th, M.Si, Bapak Dwi Reno Pradipto, S.Si. Teol dan Ibu Dyah Pertiwi, S.Pd. Dalam kegiatan ini anak-anak diajarkan mengenai organisasi, kepemimpinan, manfaat dalam beroganisasi serta cara memanfaatkan waktu untuk berorganisasi dan belajar. Setelah itu acara dilanjutkan pada kegiatan diskusi dan simulasi program OSIS dan PS, dimana anak-anak diminta untuk berdiskusi kelompok secara online untuk mencoba membuat proposal kegiatan yang nantinya akan diajukan ketika akan membuat suatu kegiatan. Kegiatan hari kedua ditutup dengan Janji Deklarasi yang dipimpin oleh Bapak Yovan Afoan Fay, S.Th, M.Si selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Melalui kegiatan SLC ini, siswa diharapkan dapat :

  1. Mengembangkan talenta dalam bidang organisasi.
  2. Melatih untuk dapat menerima keberadaan yang berbeda dalam tatanan kehidupan.
  3. Melatih menjadi insan yang ulet dan tangguh dalam menghadapi tantangan.
  4. Melatih untuk bisa saling melengkapi kekurangan dan kelebihan orang lain.
  5. Melatih kerjasama dalam tim untuk mencapai suatu tujuan.

Kompetisi Sains Nasional (Provinsi) Tanggal 13 – 16 September 2021

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan ajang kompetisi olimpiade dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional yang diikuti oleh siswa SMA dari seluruh Indonesia. Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KSN dilakukan secara rutin tiap tahunnya dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi tingkat Internasional dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Biologi dan Geografi.

Resize sma2 ksn01

Pelaksanaan KSN tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu siswa mengerjakan soal olimpiade secara online di sekolah sesuai bidang masing-masing dikarenakan pandemi Covid19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Terdapat 16 siswa yang lolos dan mengikuti KSN tingkat provinsi dengan mengikuti beberapa bidang, yaitu Astronomi, Biologi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, Kimia, Matematika dan Komputer. Meskipun olimpiade diadakan di tengah-tengah pandemi yang masih terus berlangsung sehingga mengharuskan siswa untuk mengikuti kegiatan ini secara online dari sekolah, tetapi hal ini tidak mengurangi semangat anak-anak untuk berusaha memberikan yang terbaik untuk Kota Surabaya, terutama untuk SMA Kristen Petra 2. KSN tingkat provinsi ini diadakan pada tanggal 13-16 September 2021. Saat ini para siswa dan Bapak/Ibu Guru masih menunggu hasil KSN tersebut untuk melanjutkan ke tingkat nasional. Semoga hasil yang diperoleh adalah benar-benar sesuai dan terbaik.

Resize sma2 ksn01

 Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tanggal 29 - 30 September 2021

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa  input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar – mengajar. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. Dengan melaksanakan asesmen nasional, mari kita tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Resize_sma2_anbk04.jpgResize_sma2_anbk02.jpgResize_sma2_anbk03.jpgResize_sma2_anbk01.jpg
 

Di tingkat SMA AKM dalam program ANBK dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 September 2021. Pelaksanaan ANBK di SMA Kristen Petra 2 berjalan dengan lancar, diikuti oleh 45 siswa yang dipilih secara acak dan terbagi menjadi 2 sesi.

Kegiatan Vaksin Covid-19 Dosis Ke-2 Tanggal 26 Dan 27 Agustus 2021

Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 membayangi dunia, tak terkecuali Indonesia. Virus corona telah menginfeksi jutaan orang dan para ilmuwan menilai banyak hal yang harus dibenahi bangsa ini dalam menyikapi pandemi ini. Sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial dan tidak dapat dipungkiri situasi ini berdampak besar pada kehidupan masyarakat. Masa adaptasi kebiasaan baru diartikan sebagai perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal di tengah pandemi. Masyarakat dapat melaksanakan aktivitasnya seperti biasa, tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat, demi menghindari penularan virus dan penyebaran pandemi.

 
SMA2-vaksin03.jpgSMA2-vaksin02.jpgSMA2-vaksin04.jpgSMA2-vaksin01.jpg

Untuk memutus rantai penyebaran virus di masa pandemi ini, disamping kita menjalankan protokol kesehatan secara ketat, salah satunya yaitu kita juga diwajibkan untuk mengikuti program vaksinasi dari pemerintah. Pada tanggal 26 – 27 Agustus 2021 seluruh siswa SMA Kristen Petra 2 Surabaya yang sudah di vaksin dosis pertama kembali mengikuti vaksinasi dosis kedua yang diselenggarakan di Grand City Surabaya dengan jenis vaksin Sinovac. Salah satu syarat agar bisa mendapatkan vaksin ini tentunya pada saat akan divaksin tubuh dalam keadaan sehat. Kita semua berharap pendemi ini segera berakhir, sehingga semua bisa kembali normal dan kita menaruh harapan besar bahwa vaksin dapat menjadi kunci penanganan Covid-19 selain protokol kesehatan yang harus tetap dijalankan secara ketat. Stay Safe and Stay Health.

boost the values reap the success