| |

Maprada dan Kemerdekaan

IMG 4115

Tujuh belas Agustus tahun empat lima... sering kali kita mendengar lagu itu di bulan Agustus, bulan kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan yang dulu memperjuangkan kemerdekaan melawan dan mengusir penjajah, mengibarkan bendera merah putih kebanggaan kita. Tentunya kita harus menghargai jasa pahlawan yang sudah gugur mendahului kita, selain mengadakan upacara bendera di tanggal 17 Agustus, sering diadakan lomba-lomba untuk memperingati HUT RI ke 74, seperti yang dilakukan warga SMA Kristen Petra 2.

 

Pagi yang cerah di tanggal 16 Agustus 2019, diadakan senam bersama seluruh kelas X, XI, XII. Setelah itu, diadakan berbagai acara maupun lomba-lomba untuk memperingati HUT RI ke 74. Paling ditunggu dan paling seru, lomba tarik tambang, menjadi salah satu lomba yang banyak ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena sangat iconic dengan lomba-lomba kemerdekaan. Selain itu, ada lomba balap bakiak, tampah, dodgeball dan yang menjadi agenda setiap tahun, ada Maprada Got Talent sebagai ajang menunjukan bakat siswa Maprada.

Kegiatan Pramuka dan Kompas Generasi Baru (KGB)

Pada hari Selasa, 11 Juni 2019, SMA Kristen Petra 2 mengakhiri kegiatan-kegiatan akhir semester genap. Kegiatan-kegiatan ini berlangsung selama 6 hari. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut ialah Pramuka, Kompas Generasi Baru (KGB), art and charity, bazaar, motivasi dari alumni, perpisahan kelas, kebaktian akhir tahun, dan kerja bakti. Namun, sekarang kami akan menceritakan 2 kegiatan dari 8 kegiatan yang ada, yaitu Pramuka dan KGB. Sebelum itu, mari kita bersama-sama mengenal terlebih dahulu apa itu pramuka?

IMG 6815

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Sebelum singkatan Pramuka ditetapkan, kata Pramuka diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata “Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang. Nama organisasi pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia adalah Gerakan Pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka Indonesia didirikan pada 14 Agustus 1961 dan dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional, yang saat ini dijabat oleh Budi Waseso. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Pekan Olahraga Pelajar Maprada

IMG 6459

POPMA atau Pekan Olahraga Pelajar Maprada merupakan program tahunan yang diadakan oleh OSIS SMA Kristen Petra 2. Tujuan diadakan POPMA adalah untuk meningkatkan sportivitas serta kerjasama antar team pemain sesama warga Maprada . Pelaksanaan POPMA tahun ini diadakan selama tujuh hari, yaitu 20-21, 23-24, dan 27-29 Mei 2019. Kegiatan POPMA ini bertempat di lapangan tengah (SMP), aula, ruang kelas XI IPA 1, dan depan ruang kelas XII IPA 1 SMA Kristen Petra 2. Berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan adalah basket putra, basket putri, futsal, badminton ganda putra, badminton ganda campuran, tenis meja, dan catur. Selama POPMA diadakan bazar yang diikuti oleh berbagai organisasi dan unit kegiatan di SMA Kristen Petra 2. Seluruh peserta POPMA telah menjalani kegiatan ini dengan sportif dan tertib. Masyarakat Petra 2 pun juga bersikap antusias terhadap pertandingan-pertandingan yang telah diselenggarakan.

Now You See Me

LOMBA-MENGHIAS-TELUR.jpgLOMBA-BIBLE-QUIZ.jpgPENYERAHAN-HADIAH-2.jpgLOMBA-VOKAL-GRUP.jpgIBADAH-PASKAH.jpgLOMBA-MENGHIAS-TELUR-2.jpgPENYERAHAN-HADIAH.jpg

Paskah adalah perayaan terpenting dalam liturgi gerejawi Kristen. Umat Kristen memercayai bahwa Tuhan Yesus telah mati, disalibkan, dikubur, dan bangkit pada hari yang ketiga. Kebangkitannya ini menjadi bukti nyata bahwa Tuhan Yesus telah berhasil dalam mengalahkan maut. Kebangkitan Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa manusia telah ditebus dan diselamatkan dari perbudakan dosa. Manusia telah menjadi ciptaan yang baru dan telah menanggalkan perbuatannya yang lama. Salah satu cara kita dalam menghargai pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib adalah dengan berusaha agar memiliki hidup yang tetap kudus dan suci di hadapan-Nya, hidup berkenan dan menyenangkan hatiNya

Dalam kehidupan kita sehari-hari, Paskah mengingatkan kita agar tetap hidup di dalam jalan Tuhan. Ketika, kita ingin melakukan hal yang melenceng dari kebenaran-Nya, kita harus mengingat kembali pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. Kematian-Nya di kayu salib akan membuat kita mengurungkan niat kita untuk melakukan hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Pengorbanan-Nya di kayu salib juga yang telah mendamaikan hubungan kita dengan Allah dan menjadi bukti bahwa Tuhan Yesus mengasihi manusia. Lewat kematian-Nya di kayu salib, mengajarkan kita agar dapat mengasihi Tuhan dan sesama kita dengan segenap hati, jiwa, dan raga kita.

A Miraculous Night

alv--951.jpgalv--507.jpgalv--2058.jpgalv--2010.jpgalv--115.jpgalv--1146.jpgalv--125.jpgalv--606.jpgalv--395.jpg

Malam Kesenian Maprada (MKM) adalah acara pentas seni yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 2 setiap dua tahun sekali. Merupakan program terbesar Maprada (sebutan untuk SMA Kristen petra 2), Malam Kesenian Maprada pada tahun ini mengambil tema “Chronicles: The Miraculous Night” yang berarti sekumpulan kejadian yang akan dikenang dalam diri kita. Malam Kesenian Maprada 2019 dilangsungkan pada hari Jumat, tanggal 8 Februari 2019, di Auditorium PPPK Petra.

Diperlukan waktu kurang lebih tiga bulan untuk mempersiapkan acara ini, mulai dari pemilihan konsep, audisi performers, hingga persiapan-persiapan lainnya. Malam Kesenian Maprada sendiri bertujuan untuk menjadi wadah bagi siswa-siswi Maprada untuk menampilkan bakat dan talenta mereka. Selain itu, Malam Kesenian Maprada juga mempererat tali persaudaraan di antara anggota Maprada.

boost the values reap the success