| |

Proyek Pendidikan Karakter Kristiani (PKK)

Pada tanggal 8 Desember 2020, SMA Kristen Petra 2 mengadakan acara Proyek Pendidikan Karakter Kristiani (PKK). Proyek Pendidikan Karakter Kristiani (PKK) merupakan kegiatan yang terintegrasi pada mata pelajaran Bimbingan dan Konseling secara terjadwal dan diikuti oleh seluruh siswa. Proyek PKK ini mengangkat tema Self Love yang dipimpin oleh masing-masing wali kelas yang disampaikan kepada siswa melalui Zoom pada tanggal 8 Desember 2020.

pkk_08.jpgpkk_01.jpgpkk_05.jpgpkk_02.jpgpkk_07.jpgpkk_06.jpgpkk_04.jpgpkk_03.jpg
 

Manusia berada pada dunia dimana emosi negatif dan hal negatif sering datang menghampiri. Hal-hal tersebut biasanya berasal dari luar diri kita. Self Love adalah cara yang digunakan dapat bahagia. Orang yang memiliki Self Love berbeda dengan orang yang narsisme. Orang yang narsisme cenderung egois dan merasa diri paling benar, sementara orang yang memiliki Self Love mampu menghargai diri sendiri sehingga ia menjadi pribadi yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Aspek Self Love salah satunya adalah merawat diri, misalnya dengan menyediakan “me time” atau waktu bagi diri sendiri untuk menjernihkan pikiran, memberikan ruang untuk mengekspresi diri. Tidak perlu membeli barang mahal atau makanan mewah sebagai bentuk bahwa kita mencintai diri sendiri, tetapi Self Love dapat diwujudkan dengan cara sederhana seperti melakukan hal-hal yang kita sukai atau gemari.

Pada akhir kegiatan Proyek PKK, siswa diminta untuk mengkampanyekan Self Love versi masing-masing siswa melalui upload foto di sosial media instagram. Diharapkan setelah mengikuti proyek PKK ini siswa dapat mencintai diri sendiri dengan terus belajar,belajar untuk menerima kekurangan dan kelebihan, belajar fokus terhadap tujuan hidup yang dimiliki, dan belajar melakukan hal-hal yang positif.

Peran Dalam Keluarga

peran_dalam_keluarga_03.jpgperan_dalam_keluarga_02.jpgperan_dalam_keluarga_04.jpgperan_dalam_keluarga_01.jpgperan_dalam_keluarga_05.jpg

Sabtu, 7 juni 2014 – terlihat murid murid SMA Kristen Petra 2 memasuki kelas dengan membawa kertas kertas hiasan, foto keluarga dan foto pribadi yang menunjukkan peran pribadi dalam keluarga. Pada hari Sabtu ini ada kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani (PKK) yang diberi tema ”Peranku Dalam Keluarga”. Sesudah memanjatkan puji syukur dan doa kepada Tuhan Yesus, dimulailah serentetan kegiatan PKK yang sudah direncanakan. Pertama tama, setiap siswa diminta untuk menggambar peran atau karakter dirinya di kertas dan menghiasi foto keluarga mereka sebagus dan sekreatif mungkin. Tentu saja siswa siswi SMA Kristen Petra 2 sangat antusias dalam melaksanakan tugas PKK tersebut dan tak lama kemudian kegiatan menghias inipun berakhir dengan ditandai bel istirahat yang berbunyi.

boost the values reap the success