| |

Peran Dalam Keluarga

peran_dalam_keluarga_03.jpgperan_dalam_keluarga_02.jpgperan_dalam_keluarga_04.jpgperan_dalam_keluarga_01.jpgperan_dalam_keluarga_05.jpg

Sabtu, 7 juni 2014 – terlihat murid murid SMA Kristen Petra 2 memasuki kelas dengan membawa kertas kertas hiasan, foto keluarga dan foto pribadi yang menunjukkan peran pribadi dalam keluarga. Pada hari Sabtu ini ada kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani (PKK) yang diberi tema ”Peranku Dalam Keluarga”. Sesudah memanjatkan puji syukur dan doa kepada Tuhan Yesus, dimulailah serentetan kegiatan PKK yang sudah direncanakan. Pertama tama, setiap siswa diminta untuk menggambar peran atau karakter dirinya di kertas dan menghiasi foto keluarga mereka sebagus dan sekreatif mungkin. Tentu saja siswa siswi SMA Kristen Petra 2 sangat antusias dalam melaksanakan tugas PKK tersebut dan tak lama kemudian kegiatan menghias inipun berakhir dengan ditandai bel istirahat yang berbunyi.

Bel berbunyi sekali lagi menandakan istirahat sudah usai. Siswa SMA kristen Petra 2 segera memasuki ruang kelas masing-masing. Tetapi, siapa sangka disetiap kelas sudah menunggu beberapa tamu istimewa, yaitu beberapa perwakilan dari orangtua murid tetapi apa gerangan maksud kedatangan beliau-belau ini? Ternyata beberapa perwakilan orang tua siswa tersebut sengaja bergabung dalam kelas kami untuk bersama-sama dengan siswa dan wali kelas mengikuti kegiatan PKK. Beberapa saat kemudian kegiatan dilanjutkan dengan presentasi siswa siswi tentang peran dan karakter mereka yang sudah digambar sebelumnya. Ada siswa yang bercerita tentang tugas didalam rumah seperti membantu orang tua menyapu rumah disaat pembantu rumah tangga tidak ada. Ada juga siswa yang meringankan beban orang tuanya dengan menjaga adik-adiknya pada saat orang tua bekerja. Selanjutnya, perwakilan orang tua murid memberi nasihat dan contoh apa yang mereka lihat dalam kehidupan anak remaja seperti kita. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang biasanya dihadapi di sekolah. Setelah perwakilan orangtua selesai memberi wejangan, acara PKK ini ditutup dengan doa. Banyak kesan yang di peroleh melalui kegiatan tersebut salah satunya kesan dari Felicia Sandra kelas XI A-3: ”Dengan adanya kegiatan tersebut, kami dapat berpikir akan apa yang hendak kami lakukan dalam keluarga sekaligus menyadari lebih lagi tentang berbagai hal yang sudah kami lakukan selama ini. Kemudian tentang presentasi, melalui kegiatan tersebut kami dapat saling berbagi cerita mengenai berbagai hal menarik dalam keluarga kami masing-masing”.

Senangnya, sesudah doa para siswa mendapatkan kejutan lagi! Yaitu perwakilan orang tua membagi-bagikan coklat yang sudah dihias dengan tulisan motivasi seperti ”You are a gift from GOD” dan ”Be A Blessing In your Family”. Yay! Thanks God for giving us the best family!

 

sma_petra_2/pendidikan_karakter/peran_dalam_keluarga/
boost the values reap the success