| |

Olimpiade Kimia Unesa 2019

kmia unesa2Olimpiade Kimia Unesa merupakan lomba tingkat nasional dalam bidang kimia yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) setiap tahun. Kami berdua, Winston Cahya (XIIA7) dan Ivan Candra Gunawan (XIA4) dari SMA Kristen Petra 2 berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama dalam lomba ini.

Lomba ini terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap penyisihan, semifinal, dan final. Tahap penyisihan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2019 dengan mengerjakan 50 soal. Kami lolos dan lanjut ke tahap semifinal. Tahap semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019 di gedung FMIPA UNESA. Pada tahap semifinal, setiap tim mengerjakan 5 soal uraian dalam waktu 90 menit. Setelah mengerjakan soal tahap semifinal, kami menunggu hasil siapa 5 tim yang lolos ke tahap final. Puji Tuhan, tak disangka-sangka kami dapat lolos ke tahap final.

Di tahap final, tantangan semakin sulit dan kami harus menjalani 4 babak. Babak yang pertama adalah babak praktikum, setiap peserta dari masing-masing tim mengambil undian untuk menentukan tema praktikum yang akan dikerjakan. Kami mendapat tema praktikum tentang uji iodoform pada beberapa senyawa organik. Setelah praktikum, setiap tim harus mempresentasikan hasil praktikum yang didapat kepada para dewan juri. Babak yang kedua adalah babak tebak konsep pada babak ini kami diminta menebak suatu jawaban dengan bantuan maksimal 3 petunjuk yang berhubungan dengan jawaban tersebut. Babak yang ketiga adalah babak cerdas cermat yang berhubungan dengan perhitungan-perhitungan kimia dan juga pengerjaan soal secara estafet sehingga diperlukan kerja sama yang baik. Pada babak terakhir, setiap tim diharuskan mempertaruhkan minimum 50% nilai yang telah didapat dari babak-babak sebelumnya dan semua tim termasuk tim kami memilih hanya mempertaruhkan 50%. Tetapi tidak ada satu timpun yang dapat menjawab soal taruhan ini dengan benar.

kimia unesa3

Hasil nilai langsung diumumkan setelah babak ini dan Puji Tuhan, kami berhasil meraih juara 1. Kami sangat bersyukur atas penyertaan Tuhan sehingga kami dapat menjalani lomba ini dengan baik, dan tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Kepala SMA Kristen Petra 2, guru, orang tua, dan teman-teman kami. Pesan kami untuk teman-teman yang sedang berjuang dalam hal apapun itu, selalu andalkan Tuhan dan jangan pernah berputus asa jika mengalami kegagalan, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

By : Ivan Candra Gunawan (XIA4)

boost the values reap the success