| |

Pengalaman Kami di Geolympic ITS

GEO1

Geolympic adalah sebuah lomba tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geomatika ITS untuk siswa SMA/MA sederajat di seluruh Indonesia. Kami, Christopher Wilbert (XIIA4/6), Eillen Theodora (XIA3/10), dan Vincent Sean Farrell (XIIA1/32) berhasil meraih prestasi sebagai juara pertama pada lomba Geolympic tahun ini. Pada awalnya, kami memperoleh informasi mengenai lomba ini dari media sosial Instagram, dan kami pun tertarik mengikutinya. Terlebih lagi karena tidak sering diadakan lomba kebumian, sehingga ketika ada lomba kebumian, kami langsung mengikutinya.

GEO2

Geolympic tahun ini dimulai dengan babak penyisihan online pada tanggal 13 Oktober 2019, diikuti oleh sekitar 100 tim, dimana pada saat itu kami mengerjakan penyisihan bersama-sama di kediaman salah satu anggota kami, yaitu Eillen Theodora. Selanjutnya, setelah melalui tahap penyisihan dan diumumkan lolos ke semifinal, kami mengikuti babak berikutnya berupa rally game di Fakultas Geomatika ITS, Surabaya pada tanggal 2 November 2019. Babak semifinal diikuti oleh 20 tim yang lolos seleksi online. Dalam rally game, kami harus mencari pos-pos di seluruh kawasan ITS, dan di pos-pos tersebut terdapat soal-soal astronomi, kebumian, geografi, fisika, matematika, serta pengetahuan umum. Banyak hal berkesan terjadi selama melakukan rally game tersebut, seperti anggota tim kami jatuh tersandung parit dan anggota lainnya tertusuk jangka. Kami juga bertemu dengan kompetitor kami yang sangat berat yaitu seorang anak Pelatnas 2 Matematika dan Pelatnas 3 Astronomi. Kami sangat lelah pada akhir hari itu. Namun kami merasa sangat lega dan senang ketika kami diumumkan lolos ke babak final dengan peringkat 2!!!

GEO3

Babak final lomba ini diadakan tepat esok harinya pada tanggal 3 November 2019. Babak final yang diikuti oleh 6 tim ini terdiri dari 2 sesi cerdas cermat, dengan masing-masing sesi diikuti oleh 3 tim, sementara 3 tim lainnya menunggu di ruangan terpisah secara bergantian. Cerdas cermat berlangsung cukup sengit dan seru, dan puji Tuhan kami berhasil lolos ke babak Grand Final, yang juga diadakan pada hari itu juga, dimana 3 tim terbaik dari babak final akan melakukan presentasi di depan dosen-dosen geomatika. Dalam presentasi itu, kami mendapat topik mengenai pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia ditinjau dari segi sosial, geologi, geografi dan ekologi. Kami diberikan waktu 15 menit sebelumnya untuk mencari dan menyusun informasi-informasi yang akan kami sampaikan. Ketika waktu untuk mengumpulkan informasi telah habis, kami pun memulai presentasi secara bergantian dengan bagian masing-masing. Kami mulai menjabarkan mengenai bahan presentasi kami. Pada saat presentasi, kami merasa gugup, tetapi kami tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik. Setelah itu, kami diberi beberapa pertanyaan oleh dosen berkaitan tentang topik-topik yang kami presentasikan. Kami berusaha semaksimal mungkin dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dan akhirnya, sesi tanya jawab pun berakhir dan kami diberi kesempatan untuk istirahat. Saat istirahat, kami berfoto di depan sedangkan para dosen berdiskusi untuk menentukan pemenangnya.

Setelah sekian lama menunggu, dengan rasa bosan sekaligus tegang, tibalah saatnya pengumuman para pemenang. Detak jantung berdebar dengan sangat kencang, mulai dari pengumuman juara ketiga, nama kami belum disebut, hingga juara kedua dibacakan, nama kami juga belum disebut, pada saat itulah kami merasa sangat senang dan bahagia karena hanya tersisa juara pertama. Puji Tuhan akhirnya kami dibacakan sebagai juara pertama, yang awalnya kami tidak pernah menduga mendapatkan juara. Selain itu kami mendapatkan souvenir berupa foto candid kami yang dipigura J

Kami sangat bersyukur terutama kepada Tuhan yang sudah memberkati dan menyertai kami dari awal hingga akhir lomba ini. Selain itu kami juga berterima kasih kepada Kepala sekolah,Bapak dan Ibu guru yang telah membina kami selama ini. Akhir kata, kami ingin berpesan kepada teman-teman untuk selalu berusaha dan pantang menyerah karena bersama Tuhan, tidak ada usaha yang sia-sia.

Oleh:

  • Eillen Theodora XIA-3/10
  • Vincent Sean Farrell XIIA-1/32
  • Christopher Wilbert XIIA-4/06
boost the values reap the success