| |

YouthCon

 

Acara YouthCon ini merupakan lomba yang diadakan setiap tahun untuk memperebutkan prestasi The Best School. Tujuan digelarnya acara tersebut untuk mengajak setiap siswa di Provinsi Jawa Timur mengasah kreatifitas masing-masing. YouthCon 2019 tahun ini diselenggarakan tanggal 1-10 November dan ada 12 lomba yang bisa diikuti, yaitu lomba Dig Idea, Jewelry display, School campaign, Dance Cover, Creative Content, Teh Botol Sosro Art Space, Short Movie Competition, Comic Strip, Alpha Boys, Alpha Girl, Music Competition, dan Good Vibes. Masing-masing lomba akan diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan panitia. Berbagai lomba yang kami ikuti ini merupakan perlombaan tingkat Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh 56 sekolah yang diijinkan untuk mengikuti lomba tersebut. Salah satu lomba yang kami ikuti adalah Dig Idea, dimana lomba ini sangat menuntut kami untuk menuangkan kreatifitas sebagai siswa. Tujuan kami mengikuti lomba ini untuk membuat  nama sekolah kami lebih bersinar dan mengasah kemampuan.

Saat kami diberitahu untuk mengikuti lomba Dig Idea, kami berkumpul untuk merundingkan tentang ide apa yang nantinya akan kami aplikasikan sesuai tema yang kami dapat. Tema lomba Dig Idea adalah Future, namun sekolah kami mendapatkan tema khusus, yaitu Masa Depan Pangan. Tentunya tema tersebut mengusung isu adanya pertambahan pangan dan kurangnya kepedulian masyarakat tentang distribusi pangan ke masyarakat umum. Kami pun merundingkan ide ini selama satu minggu. Selain itu, tujuan kami adalah menginginkan masyarakat umum untuk membuka mata dan membantu para distributor pangan, supaya pangan tersebut dapat diolah dan dapat menguntungkan bagi banyak pihak. Setelah menentukan ide, kami mulai bekerja membuat perlengkapan lomba yang berkaitan dengan tema tersebut selama kurang lebih tiga minggu.

Ketika semua perlengkapan sudah selesai, kami mengumpulkan ke panitia dengan waktu yang sudah ditentukan. Saat tiba di lokasi perlombaan, kami mulai menyusun semua perlengkapan yang sudah kami buat berdasarkan ide dan konsep yang sudah dirancang sebelumnya. Bagian yang paling menegangkan saat lomba ini adalah ketika kami hanya diberi waktu lima jam, hal ini berbeda dengan tahun lalu yang diberi waktu sampai dua hari untuk penyusunan konsep. Setelah penyusunan semua perlengkapan selesai, maka kami pun bergantian untuk menjaganya. Hal ini kami lakukan, karena kami tidak mau ada yang merusak hasil dari kerja keras kami. Saat menjaganya, kami terkadang sering bercanda dan saat saat bercanda kami secara tidak sengaja menginjak barang yang sudah ditata rapi, sehingga kami pun berusaha keras untuk memperbaikinya kembali. 

Pada saat perlombaan dimulai sampai akhir perlombaan, tak lupa kami selalu berdoa untuk setiap perlombaan yang kami ikuti. Kami merasa tegang saat penjurian tiba karena tim lawan kami sangatlah kuat. Apalagi untuk masuk ke babak final selalu ada penjurian yang harus dilalui  contohnya Final Alpha girl yang hanya masuk 20 besar. Hal inilah yang membuat kami berkecil hati, tetapi karena guru kami bersama dengan kami dan menguatkan kami. Maka kami pun bertekad untuk memperjuangkan lomba yang lainnya. Kami berhadapan dengan sekolah-sekolah yang sangat kuat. Lawan yang sangat kuat ini selalu berada disamping kami saat pengumuman berlangsung. Kami sempat berkecil hati untuk bisa mendapatkan predikat Best School untuk tahun ini.          

Pada tanggal 10 November tibalah hari pengumuman pemenang serta best school tahun ini. Sejak pukul 2 siang sampai 7 malam kami menunggu penmgumuman medali dari tiap lomba. Pada akhirnya, sekolah kita mendapat 4 gold,12 silver,dan 1 perunggu. Pemenang gold tersebut adalah Dance Cover, Short movie, Dig Idea, dan Art Space. Setelah selesai pengumuman, dari sekian banyak pemenang berbagai jenis lomba, maka akan diumumkan juara the best school tahun ini. Juara ke-3 yaitu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Juara 2 yaitu SMA St Louis 1 Surabaya, dan Juara the best school 1 SMA Kristen Petra 2 Surabaya.

Setelah diumumkan the best school, suasana menjadi sangat meriah. Setelah itu, kami pun tidak lupa untuk berterima kasih dan bersujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kami kesehatan dan kemenangan yang kami peroleh pada tahun ini. Kita juga berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan Guru yang sudah membantu dan membimbing kami dalam mengikuti lomba YouthCon ini. Kami juga tidak lupa berterima kasih kepada orang tua dan teman-teman yang sudah memberikan dukungan kepada kami dari awal sampai akhir acara. Pesan yang ingin saya sampaikan untuk teman-teman adalah jangan mudah menyerah dan kita harus berusaha, jika ingin meraih sesuatu.

 

Abraham Devaldi

XA3/1

boost the values reap the success