| |

Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota (KSN-K)

Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah suatu ajang kompetisi di bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi ini merupakan suatu kompetisi berjenjang yang memiliki tahapan seleksi yang ketat, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota, kemudian tingkat Provinsi, hingga sampai di tingkat Nasional dan akhirnya ke tingkat Internasional.

 horisontal

Pada tanggal 10 Maret 2020, sebanyak 39 siswa SMA Kristen Petra 2 mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota. Pada kompetisi ini terdapat 9 bidang studi yang dilombakan, yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, ekonomi, kebumian, astronomi, dan geografi. Momen ini merupakan saat yang telah dinanti-nantikan oleh para siswa yang telah mempersiapkan diri selama 7 bulan untuk menunjukkan potensi yang dimiliki di bidang sains. Pagi harinya, kami berkumpul terlebih dahulu di sekolah untuk berdoa dan memohon bimbingan Tuhan agar dapat mengerjakan soal-soal dengan baik. Berbekal dukungan dan doa yang telah diberikan oleh orang tua dan Bapak Ibu Guru, kami pun menuju ke tempat seleksi masing-masing yang tersebar di beberapa SMA Negeri di Surabaya. Sebelum berangkat, tak lupa kami berdoa bersama dan memberikan semangat kepada teman satu sama lain dengan bersama-sama menyerukan “KSK, YES WE CAN!”.  Tentunya kami merasa gugup dan cemas ketika akan memulai kompetisi tersebut, tetapi kami menyerahkan seluruh kekhawatiran kami kepada Tuhan dan tetap berusaha melakukan yang terbaik dalam mengerjakan soal-soal selama KSK berlangsung. Setelah melewati butir demi butir soal, akhirnya kami menyelesaikan kompetisi masing-masing dan menunggu hasil pemeriksaan para juri.

Kami menyerahkan hasilnya kepada Tuhan dan akhirnya 3 minggu kemudian saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu saat pengumuman hasil KSK. Puji Tuhan… sebanyak 21 siswa SMA Kristen Petra 2 dinyatakan lolos ke KSN-P. Siswa-siswa tersebut nantinya akan mewakili Kota Surabaya untuk berkompetisi di tingkat Provinsi. Kami semua merasa senang dan lega karena dapat melalui proses perlombaan ini. Kami memperoleh berbagai kesan yang tentunya sangat menarik selama tahap persiapan hingga saat KSK berlangsung. Di beberapa bidang, soal-soal KSK tahun ini terkesan lebih sulit dan lebih menantang dari pada tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja sebelum menghadapi KSK, kami telah melakukan persiapan yang matang. Setiap langkah dalam KSK ini merupakan suatu pengalaman yang berharga karena selain pelatihan di Litbang PPPK Petra, kami dapat belajar bersama dengan teman-teman seperjuangan dan juga dengan kakak senior serta alumni yang selalu membimbing kami. Namun tidak selalu tentang belajar, kami juga berlatih untuk mengelola waktu yang ada dengan baik dan bijaksana. Kami sangat senang karena mempunyai kesempatan untuk dapat mewakili nama sekolah di tingkat kota. Selain itu, KSK ini juga menjadi sangat berkesan karena kami dapat mengenal teman-teman baru yang berasal dari sekolah-sekolah lain.

Kami sangat bersyukur karena dapat berpartisipasi dalam ajang kompetisi ini dan dapat mempelajari hal-hal baru serta mengenal berbagai ilmu yang dapat berguna bagi studi kami ke depannya. Semua ini tidak terlepas dari kepanjangan tangan Tuhan melalui bimbingan dan dorongan dari Bapak Ibu Guru, orang tua, dan teman-teman serta Kepala Sekolah yang tak pernah lelah mendukung dan memotivasi kami. Prestasi ini bukan karena kemampuan dan usaha kami semata, namun juga karena karya penyertaan Tuhan dalam hidup kami.

Oleh :

Eillen Theodora

XI A-3/10

boost the values reap the success