| |

Kompetisi Sains Nasional 2020

Kompetisi Sains Nasional (KSN) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan suatu perlombaan tingkat nasional dalam bidang akademik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk menyeleksi putra-putri terbaik bangsa yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia di tingkat internasional. Untuk itu, setiap tahun SMA Kristen Petra 2 selalu mengadakan seleksi bagi siswa-siswi yang berpotensi dalam bidang-bidang akademik, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi, Komputer, dan Geografi. Kemudian para siswa yang lolos seleksi diberikan pelatihan setiap minggunya sebagai persiapan untuk menghadapi Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota (KSN-K). Selama pelatihan tersebut juga terdapat beberapa tes eliminasi hingga terkumpul jumlah siswa yang mewakili SMA Kristen Petra 2 untuk mengikuti KSN-K yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2020. Dengan doa dan persiapan KSN-K yang matang, puji Tuhan sebanyak 21 siswa SMA Kristen Petra 2 lolos ke tingkat provinsi.

osn_2020_02.pngosn_2020_04.pngosn_2020_01.pngosn_2020_03.png

Sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19, maka kelanjutan KSN pada tahun ini diadakan secara daring/online. Terdapat jeda waktu yang cukup lama dari KSN-K ke KSN-P dikarenakan perlunya adaptasi mekanisme perlombaan yang dibuat oleh Pusat Prestasi Nasional sebagai usaha untuk tetap melaksanakan kegiatan ini meskipun sedang berada di era new normal. Akhirnya siswa-siswi yang lolos ke tingkat provinsi mengikuti KSN-P yang dilaksanakan pada tanggal 10-14 Agustus 2020. Dengan berdoa dan berusaha, akhirnya kami bisa melewati KSN-P dengan baik dan tiba saatnya pengumuman siapa saja yang lolos ke tingkat nasional. Kami sangat bersyukur dan senang saat mengetahui bahwa ada 11 siswa yang lolos untuk mewakili Provinsi Jawa Timur ke tingkat nasional di antaranya yaitu Vanya Priscillia bidang Matematika, Athalia Beatrice dan Gwyneth Trixie bidang Kimia, Jefferson Filbert dan Gwenny Catharina bidang Biologi, Felicia dan Gracia Edhyta bidang Ekonomi, Eillen Theodora dan Sean Matthew bidang Kebumian, Nicholas Sudiyanto bidang Astronomi dan Nicholas Sindoro bidang Komputer. Kami mempersiapkan diri sebaik mungkin selama kurang lebih 1 bulan untuk mempersiapkan KSN dengan mengikuti pelatihan Litbang yang intensif bersama para pelatih yang kebanyakan merupakan alumni medalis tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum KSN dilaksanakan, para peserta diwajibkan untuk mengikuti Technical Meeting yang disampaikan oleh para juri dari masing-masing bidang dengan tujuan untuk mensosialisasikan petunjuk teknis dan mekanisme pengawasan selama tes berlangsung. Akhirnya tibalah saat yang dinanti-nantikan, KSN dilaksanakan pada tanggal 12-16 Oktober 2020 yang diawali dengan acara pembukaan dimana terdapat berbagai penampilan dari alumni FLS2N, mulai dari tari-tarian, vokal solo hingga paduan suara. Setelah pembukaan, kegiatan perlombaan pun dimulai. Di tingkat nasional, tentunya banyak tantangan baru yang kami hadapi karena terdapat berbagai variasi soal dan tes praktik yang sebelumnya tidak ada di tingkat kota maupun provinsi. Setiap bidang memiliki mekanisme dan kegiatan lomba yang berbeda-beda disesuaikan dengan kriteria penilaian masing-masing. Berbekal ilmu dan bimbingan yang telah kami dapatkan selama ini dari para pelatih dan guru-guru di sekolah, kami berusaha mempersembahkan yang terbaik serta menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Selaras dengan tema KSN 2020 yaitu “Jujur itu Juara”, kami selalu menjunjung tinggi integritas dan kejujuran selama mengikuti KSN meskipun pelaksanaannya dilakukan di rumah masing-masing. Kami berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti arahan juri yang telah disampaikan saat Technical Meeting dengan menyalakan Zoom saat tes berlangsung dan tetap memperhatikan protokol kesehatan di manapun kami berada. Setelah seluruh kegiatan tes usai, beberapa bidang mengikuti sesi wawancara bersama para juri yang akan menjadi salah satu penilaian dalam KSN.

Pada tanggal 16 Oktober 2020, dilaksanakan penutupan dan pengumuman hasil KSN pada pukul 19.00 WIB yang dilaksanakan secara live. Pastinya kami semua sangat gugup menanti pengumuman. Kami telah berjuang dengan sekuat tenaga dan kini kami hanya dapat menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Dan akhirnya tiba saat pengumuman. Puji Tuhan, ada 8 siswa yang berhasil meraih medali KSN, di antaranya Vanya Priscillia medali emas bidang Matematika, Athalia Beatrice medali perunggu bidang Kimia, Jefferson Filbert medali perak bidang Biologi, Felicia medali perak dan Gracia Edhyta medali perunggu bidang Ekonomi, Eillen Theodora medali emas dan Sean Matthew medali emas bidang Kebumian, serta Nicholas Sindoro medali perunggu bidang Komputer. Selain itu, terdapat beberapa penghargaan khusus yang diraih oleh siswa SMA Kristen Petra 2, yaitu absolute winner oleh Vanya Priscillia, nilai tertinggi oleh Eillen Theodora, gagasan bisnis terbaik oleh Felicia, dan makalah terbaik oleh Gracia Edhyta. Semua prestasi ini kami persembahkan hanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Puji Tuhan serangkaian acara KSN pada tahun ini dapat terlaksana dengan baik. Kami berterima kasih kepada Tuhan, orangtua, Bu Cahyo selaku kepala sekolah, guru pembimbing, bapak ibu guru SMA Kristen Petra 2, pengurus Litbang PPPK Petra dan para pelatih yang membimbing kami, serta teman-teman semua yang telah mendukung kami hingga kami dapat sampai di titik ini. 

Oleh :
Eillen Theodora (XIIA-3/10)
Gracia Edhyta (XIIA-6/18)
Sean Matthew (XIIA-1/30)

boost the values reap the success